Sudahkah Anda Membersihkan Penis dengan Cara yang Benar?

aura.co.id | 26 Februari 2020 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penis tak hanya penting bagi kaum pria yang memilikinya. Namun juga berpengaruh dalam kehidupan seksualnya bersama pasangan. Karena itu, kondisi higienis sangat penting diperhatikan.

Meski sudah merasa menjaganya dengan baik, kaum pria sebaiknya memperhatikan dengan seksama kebersihan area vitalnya itu. Bagian tubuh yang satu ini terkadang luput dari perhatian dan sering dianggap berada dalam keadaan bersih dan sehat.

Padahal, menurut beberapa penelitian, kebanyakan kaum pria secara mengejutkan ternyata tidak membersihkan penis dengan cara yang tepat.

Jika seperti ini, maka resiko tumbuhnya berbagai bakteri dan zat seperti smegma sangatlah besar. Smegma merupakan pelumas alami yang membiarkan penis dalam keadaan lembab. Ini dapat ditemukan pada kepala penis dan dibawah lipatan kulit.

Jika smegma menumpuk pada lipatan kulit maka dapat menimbulkan bau tak sedap, menjadi sarang bakteri dan menyebabkan merah-merah serta pembengkakan pada kepala penis yang disebut dengan balanitis.

Karena itu, bersihkan penis dengan mencucinya menggunakan air hangat setiap hari khususnya saat mandi. Pembersihan pada daerah pangkal penis dan testis juga sama pentingnya. Pasalnya, keringat dan rambut di sini berpotensi mengendapkan aroma tak sedap dan bakteri.

Jika ingin menggunakan sabun, pastikan memilih sabun mild (ringan) atau yang tanpa aroma untuk mengurangi resiko iritasi kulit. Pastikan area penis bersih dan tidak menimbulkan bau, agar terjaga kesehatan alat vital secara menyeluruh.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait